Kamis, 07 Maret 2013

0
Awas Bahaya HIV/AIDS, Kenali Dulu Ciri-cirinya ..


Ciri-ciri orang hiv aids penyakit HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah penyakit ciri-ciri orang hiv aids yang paling ditakuti karena belum ada vaksin atau obat yang bisa menyembuhkannya.

Ciri-ciri orang hiv aids kenali gejala dari HIV untuk melakukan deteksi dini.Virus yang mematikan ini akan menyerang sistem kekebalan yang membuat tubuh kehilangan kemampuan untuk melawan penyakit, sehingga tubuh lebih rentan terhadap berbagai penyakit.
Jika gejala ini tidak segera diobati, maka bisa menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) yang merupakan penyakit mematikan. AIDS timbul sebagai dampak berkembangbiaknya virus HIV di dalam tubuh manusia.

Gejala-gejala yang muncul dari HIV bisa mempengaruhi seseorang secara bertahap. Setelah virus memasuki tubuh, maka virus akan berkembang dengan cepat.
Virus ini akan menyerang limfosit CD4 (sel T) dan menghancurkan sel-sel darah putih sehingga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Setiap tahapan dari infeksi akan menunjukkan gejala yang berbeda.
Tahap awal dari infeksi virus ini biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala apapun, gejala baru akan muncul setelah dua sampai empat minggu setelah terinfeksi. Seseorang bisa mengeluh mengalami sakit kepala yang berat dan persisten disertai dengan demam.
Seperti dikutip Menshealth.about.com, Kamis (10/6/2010) ketika seseorang terinfeksi maka gejala awal yang muncul terkadang mirip dengan flu atau infeksi virus sedang.
Gejala dan tanda awal dari HIV termasuk demam, sakit kepala, kelelahan, mual, diare dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak atau pangkal paha.
Gejala-gejala ini hampir sama dengan infeksi virus lainnya. Karena itu banyak orang yang terinfeksi HIV tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi hingga bertahun-tahun sehingga mencapai stadium lanjut.
Stigma buruk selalu melekat pada penderita AIDS. Mereka dikucilkan di masyarakat, di tempat kerja. Petugas rumah sakit pun terkadang memberikan perlakuan diskriminatif terhadap mereka.
Inilah informasi yang benar danciri-ciri HIV/AIDS
Pengertian AIDS  dan Virus HIV
AIDS adalah kepanjangan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome.AIDS merupakan kumpulan gejala infeksi yang disebabkan rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat virus HIVAIDS bukan penyakit keturunan.
HIV merupakan kepanjangan dari Human Imunodeficiency Virus. Artinya, virus ini menjadikan “cemilan” atau memangsa kekebalan tubuhmanusia untuk tumbuh dan berkembang biak.
Seseorang yang terkena virus HIV belum tentu terkena AIDS. Butuh waktu belasan tahun untuk menjadikan seseorang yang terinfeksi HIV menjadi penderita AIDS. Virus ini memangsa sistem kekebalan tubuh secara perlahan-lahan sampai akhirnya orang yang dihinggapi virustersebut “tumbang” dan  berubah menjadi penderita AIDS.
Gejala-gejala Umum AIDS
Adapun gejala-gejala umum  AIDS adalah sebagai berikut.
  1. Penurunan berat badan tanpa sebab  (lebih dari 10 %)  dalam sebulan.
  2. Diare berlarut-larut lebih dari satu bulan.
  3. Demam yang berfluktuasi tanpa sebab yang jelas lebih dari satu bulan.
  4. Batuk lebih dari satu bulan dan tak kunjung sembuh.
  5. Gatal-gatal di seluruh tubuh.
  6. Herpes Zoster (mirip cacar air), ini disebabkan virus herpes.
  7. Candidiasih, bintik-bintik merah atau ruam-ruam paa sebagian besar permukaan kulit.
  8. Pembengkakan kelenjar tubuh (ketiak, leher)
Mitos Penularan HIV AIDS
Minimnya pengetahuan tentang HIV AIDS menyebabkan seseorang yang terkena AIDS seperti orang sudah jatuh ditimpa tangga. Artinya, mereka tidak mendapatkan pertolongan atau rasa simpati dari orang lain disebabkan beberapa mitos keliru.
Mitos tersebut adalah HIV/AIDS bisa menular melalui berpelukan, bersalaman, memakai gelas yang sama, berbagi kamar mandi yang sama, bersin, gigitan nyamuk, dan batuk.
Cairan yang tidak berpotensi dihinggapi virus HIV adalah air mata, air liur (kecuali jika ada luka di bibir saat berciuman), keringat.
Kita tetap dapat bersahabat dengan mereka (penderita AIDS) tanpa takut tertular. Selain obat, mereka butuh teman untuk berbagi dan berkeluh kesah.
Tempat Favorit Virus HIV
Virus HIV memiliki tempat favorit bersarang di dalam cairan tubuh manusia. Cairan-cairan tersebut adalah darah, sperma, cairan vagina, dan air susu ibu.
Cara Penularan Virus HIV
Penularan virus HIV dapat terjadi melalui hal-hal berikut ini.
  1. Transfusi darah.
  2. Penggunaan jarum suntik, tindik, tattoo, akupuntur yang tidak steril atau mengandung virus HIV.
  3. Pemberian ASI dari ibu penderita AIDS kepada anaknya.
  4. Berganti-ganti pasangan (berhubungan seks dengan penderita AIDS).
Cara Pencegahan Virus HIV
Virus HIV dapat dicegah dengan melakukan hal-hal sebagai berikut.
  1. Tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah.
  2. Setia pada pasangan.
  3. Gunakan kondom.

0 komentar: